Telat Bayar Cicilan Mobil Oto Kena Denda Berapa

Nampaknya mengetahui berapakah denda yang harus anda bayarkan atas keterlambatan cicilan mobil memang sangat penting untuk anda lakukan. Hal ini tidak lain karena  ini akan membantu anda untuk mengatasi persoalan keuangan anda di kemudian hari.

Pastinya, sebelum anda melakukan kredit mobil kepada lembaga leasing atau lembaga keuangan, pasti sudah banyak hal yang harus anda pertimbangkan bukan?  Selain DP pembelian mobil, pastinya bunga kredit dan denda juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya.  Tak bisa dipungkiri apabila melakukan kredit mobil dari lembaga keuangan memang semakin mudah untuk dilakukan.

Kendati banyak kemudahan yang akan didapatkan oleh masyarakat  untuk mendapatkan mobil impian, mereka sering lupa akan denda keterlambatan cicilan kredit tersebut. Inilah mengapa anda harus mengetahui bagaimana proses jika anda telat bayar cicilan mobil oto kena denda berapa? Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak ulasan dibawah ini.

Menghitung besarnya denda angsuran kredit mobil

Salah satu cara yang banyak dipilih oleh masyarakat dalam melakukan kredit mobil adalah melalui lembaga keuangan. Umumnya, lembaga keuangan sendiri akan memberikan denda sebesar 0,2% setiap harinya dihitung dari nilai angsurannya.

Nominal denda tersebut memang tidaklah besar, tetapi apabila mengalami keterlambatan secara terus menerus maka pihak peminjam juga akan kewalahan dalam melakukan pelunasan.

Bahkan beberapa lembaga keuangan pun mematok denda 0,3 persen hingga 0,5 persen. Tentunya ini semua tergantung dengan kebutuhan yang anda miliki tersebut. bukan hanya itu saja, biasanya pun juga terdapat masa keterlambatan angsuran tersebut. berikut ini ulasannya

  1. Apabila anda telat dalam membayar angsuran lebih dari 4 hari maka biasanya anda diharuskan untu datang ke kolektornya langsung
  2. Apabila anda telat membayar dalam membayar angsuran hingga 60 sampai 90 hari maka mobil tersebut akan langsung ditarik oleh pihak leasing. Selain mobil anda yang akan ditarik, anda juga akan diblacklist oleh leasing tersebut. sehingga anda tidak bisa melakukan pinjaman kembali.

Hal penting sebelum kredit mobil

Setelah mengetahui  jika telat bayar cicilan mobil oto kena denda berapa? Anda juga harus mengetahui beberapa hal  penting sebelum anda melakukan kredit mobil ini. Berikut ini beberapa hal penting yang harus anda lakukan sebelum kredit mobil.

  1. Pilihlah penyedia kredit yang terpercaya

Untuk anda yang ingin melakukan kredit mobil maka terdapat dua pilihan yang bisa anda coba yakni melalui bank maupun leasing. selain itu, disinilah, anda juga harus mengetahui apakah lembaga penyedia pinjaman tersebut bisa dipercaya ataukah tidak? Hal ini bukan  tanpa alasan karena banyaknya lembaga keuangan yang tidak terpercaya.

  1. Perhatikan uang muka dan cicilannya

Setelah memilih penyedia kredit yang terpercaya maka langkah berikutnya adalah anda harus memperhatikan uang muka yang harus anda siapkan terlebih dahulu. Biasanya jumlah  uang muka yang harus dibayarkan terlebih dahulu adalah 20%-30% persen dari harga mobil. Selain itu, anda juga harus memperhatikan jumlah cicilan setiap bulannya.

  1. Jangka waktu kredit

Perhatikan juga jangka waktu kredit yang anda inginkan tersebut. secara umum, jangka waktu kredit mobil adalah satu hingga 3 tahun. Walaupun demikian, terdapat pula lembaga keuangan yang menawarkan cicilan hingga 5 tahun. Tetapi ada baiknya, anda memilih jangka cicilan kredit yang cepat tetapi jumlah cicilan yang besar dibandingkan memilih jangka waktu kredit yang lama.

Demikian ulasan yang akan menjawab pertanyaan jika telat bayar cicilan mobil oto kena denda berapa? Tentunya semua itu tergantung dengan kebutuhan yang anda miliki tersebut dan sebaiknya, anda juga harus pandai dalam memilih lembaga pinjaman.