Apakah Ada Tempat gadai Ijasah Di Batam Selain Ke Bank

Meski tidak sering terdengar, tetapi iijazah adalah salah satu dokumen yang bisa dijadikan sebagai jaminan di Lembaga keuangan. Hal ini memang berisiko karena ijazah merupakan suatu bukti bahwa kamu telah menyelesaikan suatu tingkat Pendidikan.

Jika kamu menjadikan ijazah sebagai jaminan pinjaman dan kamu tidak bisa membayarnya, maka ijazahmu diambil oleh Lembaga keuangan tersebut. Tanpa adanya ijazah, kamu akan kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan dan bukti bahwa kamu telah menyelesaikan suatu Pendidikan akan terhapus.

Karena tidak ada yang dapat memprediksi kapan seseorang akan membutuhkan pinjaman uang dan harta satu-satunya hanya ijazah, maka tidak ada salahnya menggadaikan ijazah untuk mendapatkan pinjaman uang. Tapi karena ijazah adalah salah satu dokumen yang penting, maka kamu perlu tahu informasi sebanyak-banyaknya.

Baca juga: Bisakah gadai bpkb motor pajak mati di pegadaian

Kepepet Modal usaha,Ke Pegadaian saja

Apakah Ada Tempat gadai Ijasah Di Batam Selain Ke Bank

Salah satu Lembaga keuangan yang ada di Batam yaitu pegadaian yang dapat memberikan kita pinjaman. Dengan adanya pegadaian, kamu tidak perlu meminjam dana dari rentenir atau Lembaga pinjaman yang tidak wajar karena pegadaian menerima berbagai barang sebagai jaminan pinjaman.

Beberapa barang tersebut adalah kendaraan, BPKB, barang elektronik, emas, kamera, dan gadget. Apakah ijazah dapat dijadikan jaminan? Tidak. Kamu tidak dapat menggunakan ijazah sebagai jaminan di semua Lembaga BUMN. Eits, tapi ada juga yang memperbolehkan menggadaikan ijazah untuk dijadikan jaminan pinjaman uang.

Ada beberapa Lembaga keuangan yang menerima ijazah sebagai jaminan pinjaman. Tentu saja ada beberapa syarat yang harus kamu sanggupi. Beberapa di antaranya adalah:

Baca juga: Bisakah gadai bpkb motor di pegadaian tanpa motor?

  1. Tahun terbit Ijazah

Biasanya, Lembaga keuangan tidak menerima ijazah yang kelulusannya melebihi 3 tahun penerbitan. Jadi, kamu perlu memperhatikan tahun terbit ijazah saat ingin menggadaikannya.

  1. Melengkapi Berkas

Seperti meminjam uang dengan jaminan benda berharga lainnya, meminjam uang dengan jaminan ijazah juga wajib menyertakan berkas yang dibutuhkan.

Beberapa berkas yang perlu kamu siapkan di antaranya adalah fotokopi KTP sebagai bukti sah pemilik ijazah, fotokopi SIM sebagai tanda pengenal selain KTP, fotokopi akta kelahiran, fotokopi kartu keluarga, dan ijazah asli.

  1. Perjanjian Tertulis

Peminjam harus bersedia untuk menandatangani dan mematuhi perjanjian tertulis antara lembaga keuangan dengan peminjam. Perjajian tertulis ini dibuat untuk menghindari konflik yang mungkin akan terjadi di kemudian hari dan sebagai peraturan rincian pinjaman dan pengembalian dana yang ditandatangani kedua belah pihak.

Baca juga: Cara Sekolahin Bpkb Motor Ke Pegadaian Terdekat

  1. Waktu Pembayaran

Menggunakan ijazah sebagai jaminan pinjaman, idealnya waktu peminjaman tidak lama yang diberikan oleh pihak peminjam. Semakin singkat masa pinjaman kamu, akan semakin baik karena kamu tidak perlu membayar bunga pinjaman.

Jika kamu meminjam terlalu lama, akumulasi bunga pinjaman akan melebihi dana pokok pinjaman sehingga jangan sampai terjebak dengan jangka waktu pinjaman yang terlalu lama karena akan merugikan dirimu sendiri.

Jangan Gadai ijasah,Gadai Saja barang Elektronik

Apakah Ada Tempat gadai Ijasah Di Batam Selain Ke Bank

ijazah merupakan dokumen yang sangat penting sehingga kamu tidak boleh menganggapnya sepele. Sebelum memutuskan untuk menggadai ijazah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebagai bahan pertimbangan, di antaranya adalah:

Baca juga: Bisakah Gadai Bpkb Motor atas nama orang lain di pegadaian

  1. Mudah Tidak Selalu Aman

Lembaga pinjaman yang menipu akan selalu berusaha untuk menarik calon pelanggannya dengan berbagai cara, salah satunya dengan memudahkan persyaratan agar calon peminjam tertarik sehingga kamu jangan sampai gampang sekali terkecoh dengan persyaratan yang mudah.

Kamu juga jangan tergoda dengan dana pinjaman yang terlalu besar karena logikanya adalah dana pinjaman dengan menggunakan jaminan ijazah tidak mungkin melebihi dana pinjaman dengan jaminan benda berharga lainnya seperti rumah dan kendaraan.

Jika kamu menemukan Lembaga pinjaman yang memberikan dana pinjaman yang terlalu besar, sudah sepatutnya kamu curigai.

  1. Prioritas Pinjaman

Lembaga keuangan mempunyai daftar prioritas nasabah untuk dipinjamkan uangnya kepada yang lebih membutuhkan. Hal ini dikarenakan sebagai bentuk hak dari Lembaga keuangan sebagai pihak peminjam.

Baca juga: Adakah Gadai BPKB Motor Medan Tanpa Survey ??

Dengan cara ini, Lembaga keuangan dapat memastikan bahwa dana yang dipinjamkan tidak disalahgunakan dan dapat membantu nasabahnya dengan maksimal.

Jika kamu ditolak karena system prioritas yang diterapkan oleh Lembaga keuangan jangan berkecil hati dan bisa mengajukan peminjaman uang di tempat atau menggunakan jaminan lain. Kamu pun juga bisa memeriksa persyarat dan berkas-berkasnya agar tidak ditolak lagi.

  1. Pastikan Lembaga Keuangan Terpercaya

Meski meminjam uang dengan jaminan ijazah tidak banyak jumlahnya, kamu tetap harus memilih Lembaga yang terpercaya. Kamu tidak ingin ijazahmu disalahgunakan kan? Maka dari itu, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai Lembaga keuangan yang akan kamu jadikan tempat meminjam uang.

  1. Mematuhi Peraturan

Setelah kamu menandatangani surat perjanjian pinjaman, artinya kamu telah setuju dan mematuhi semua peraturan dari peminjam termasuk biaya tagihan dan waktu jatuh temponya serta denda jika telat membayar.

Baca juga: 12 Lokasi Pinjaman Uang Di Batam Proses Mudah Tanpa Syarat

Memang tidak ada yang melarang ijazah dijadikan jaminan tetapi, kamu perlu mempertimbangkan bunga pinjaman, jangka waktu, dan jumlah dana yang dipinjamkan. Jangan sampai merugikanmu di kemudian hari. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *