Denda FIF Perhari Motor Dan Kredit HP

Pembayaran denda FIF terhitung dari hari pertama Anda terlambat. Denda perhari sebesar 0,5% dari nilai angsuran.

Sebagai contoh jika jatuh tempo Anda di tanggal 10 dan Anda baru mengangsur di tanggal 15 maka Anda telah terhitung denda untuk 5 hari. Bila nilai angsuran Anda senilai Rp 650.000, maka perhitungan total denda yaitu sebesar Rp 3.250 x 5 hari = Rp 16.250.

  • Pembayaran denda bisa dilakukan ketika Anda membayar angsuran atau ketika selesai masa angsuran. Di beberapa leasing ada perbedaan pada pembayaran denda.
  • Untuk leasing FIF dengan denda kurang dari Rp 25.000 maka pembayaran denda dapat dilakukan ketika Anda membayar angsuran di kantor pos, Alfamart atau melalui transfer.
  • Namun untuk denda lebih dari Rp 25.000, Anda hanya bisa membayar denda itu dengan langsung datang ke kantor cabang FIF.

Jika Anda tak membayar denda ketika membayar angsuran maka total dengan akan diakumulasi dan perlu untuk dibayar ketika Anda mengambil BPKB.

Jika Anda terlambat lebih dari 30 hari dalam membayar angsuran maka pembayaran angsuran wajib dilakukan secara langsung di kantor cabang FIF dan tak bisa dilakukan melalui transfer.

Sebaiknya Anda bisa membayar angsuran tepat waktu. Selain tak wajib membayar denda, tentu Anda lebih mudah dalam pengajuan kredit kembali di lain waktu dari leasing yang sama.

Denda FIF Perhari Kredit HP

Sesuai kontrak dengan pihak FIF Spektra untuk kredit hp, tentu Anda sudah mengetahui bahwa setiap kali Anda terlambat dalam membayar angsuran maka nantinya dikenakan denda harian. Besar denda harian ini adalah 0,5% dari nilai angsuran Anda. Bila Anda ingin mengetahui cara menghitung denda FIF Spektra setiap bulan, maka Anda harus mengetahui berapa lama keterlambatan Anda.

Anggap saja Anda terlambat 1 bulan penuh, ini berarti Anda diharuskan membayar denda FIF Spektra setiap bulan sebanyak 30 hari. Misal Anda mempunyai tanggal jatuh tempo pada tanggal 10, kemudian Anda terlambat membayar sampai tanggal 10 bulan berikutnya.

  • Kondisi ini mengharuskan Anda untuk membayar denda angsuran sebesar 0,5% dari nilai angsuran dikali 30 hari. Untuk perhitungannya Anda harus mengetahui berapa besar nilai angsuran setiap bulan. Misalkan Anda mempunyai angsuran sebesar Rp 650.000 per bulan.
  • Bila terlambat satu bulan penuh, Anda dapat mengalikan Rp 650.000 x 0,5% = Rp 3.250. Denda keterlambatan selama 30 hari berarti Anda diharuskan membayar denda Rp 3.250 x 30 = Rp 97.500.

Cukup besar bukan denda keterlambatan angsuran FIF Spektra setiap bulannya yang harus dibayarkan? Secara umum bila Anda belum tahu berapa nilai angsuran maka Anda dapat menghitung denda sebesar 15% dari nilai angsuran Anda.

Setelah Anda mengetahui informasi ini, Anda pun dapat menghitung denda yang harus dibayarkan bila terlambat dalam membayar angsuran FIF Spektra.

Batas Jam Pembayaran FIF 

Denda FIF Perhari Motor Dan Kredit HP

Kemudahan dalam pembayaran angsuran FIF dapat Anda rasakan dengan banyak cara. Salah satu diantaranya adalah dengan pembayaran angsuran melalui toko retail seperti Indomaret dan Alfamart.

Untuk pembayaran angsuran secara offline melalui Indomaret Anda hanya perlu membawa uang dan pastinya nomor kontrak FIF ataupun ID pelanggan. Bila Anda masih bingung maka ikuti beberapa langkah berikut:

  • Kunjungi Indomaret terdekat dan jangan lupa membawa nomor kontrak atau ID pelanggan.
  • Katakan keinginan untuk membayar angsuran FIF ke petugas kasir Indomaret.
  • Berikutnya ID pelanggan FIF Anda akan ditanyakan, Anda hanya perlu menyampaikan ID pelanggan FIF dengan benar.
  • Petugas kasir Indomaret nantinya menginput data Anda.
  • Berikutnya akan dibacakan data ID pelanggan seperti nama, angsuran ke, serta nilai total tagihan Anda.
  • Bayar sesuai tagihan berikut biaya admin yang disebutkan oleh petugas kasir Indomaret.
  • Pastikan Anda menyimpan struk sebagai bukti transaksi/pembayaran yang sah.

Sangat mudah bukan untuk membayar angsuran FIF melalui Indomaret? Anda bisa bebas memilih lokasi pembayaran, tak harus antre, menghindari keterlambatan, serta Indomaret buka hingga malam hari (bahkan 24 jam).

Pastikan informasi nomor kontrak yang Anda berikan benar agar tak terjadi kesalahan dalam pembayaran yang bisa merugikan Anda. Pastikan juga nama yang disebutkan sesuai dengan atas nama pembayaran yang digunakan dengan nilai tagihan yang juga sesuai.