Syarat Pengajuan KUR BRI Yang Wajib Dipenuhi

KUR BRI biasanya akan tergantung pada jenis KUR yang akan anda pilih. Adapun jenisnya yakni mulai dari mikro, ritel hingga TKI. Untuk mikro dan ritel persyaratannya tidak jauh berbeda. Namun untuk TKI, terdapat beberapa syarat khusus seperti surat perjanjian dengan pihak yang menggunakan jasa, passport hingga visa.

Sedangkan secara umum, terdapat beberapa dokumen yang harus disertakan seperti KTP, KK, Surat izin usaha, usaha sedang berjalan minimal 6 bulan hingga tidak tengah menerima pinjaman kredit dari lembaga keuangan manapun kecuali buat kebutuhan konsumtif. Secara keseluruhan, pinjaman ini menyediakan plafon hingga 500 juta dengan bunga ringan yakni 6%.

Untuk melakukan pengajuan KUR BRI sendiri dapat dilakukan secara online sehingga lebih mudah dan cepat. Calon debitur dapat segera mengunjungi lama kur.bri.co.id Kemudian mengikuti perintah berikutnya.

Kelebihan Pinjaman KUR

Kelebihan Pinjaman KURĀ 

Sebelum melakukan pengajuan, anda diharuskan melakukan pendaftaran dahulu jika belum mempunyai akun. Berikut beberapa kelebihan jika memilih produk KUR BRI.

  1. Menawarkan Dana Pinjaman Cukup Besar

Perlu diketahui apabila BRI mempunyai target buat menyalurkan kredit untuk usaha kepada masyarakat mencapai 170 triliun. Jelas angka tersebut meningkat dibandingkan dengan target di tahun yang lalu. Besarnya jumlah dana pinjaman yang tersedia itulah memberikan dampak cukup signifikan kepada calon debitur.

  1. Sudah Tersedia Di Seluruh Indonesia

Jaringan cabang BRI sendiri memang sudah tersebar sangat luas bahkan di berbagai kawasan Indonesia. Ini jugalah yang membuat masyarakat lebih mudah dalam memperoleh kredit usaha rakyat tersebut. Terlebih lagi, masyarakat diberikan kemudahan dalam mengajukan maupun mengetahui simulasi dari tabel angsuran.

  1. Mempunyai Bunga Cukup Rendah

Suku bunga rendah itulah dijadikan alasan mengapa banyak orang memilih produk kredit ini sebagai modal usaha. Bahkan bunganya hanya 6% setiap tahunnya. Tentunya jumlah tersebut sesuai dengan syarat maupun ketentuan yang berlaku. Tentunya dengan syarat dan prosesnya sangat mudah.

Syarat buat memperoleh modal usaha dari BRI tidaklah sulit buat dipenuhi termasuk dengan prosesnya yang sangat mudah dan cepat. Lengkapi syarat pengajuan KUR BRI agar segera digunakan buat mengembangkan bisnis.

Risiko Jika Telat Bayar KUR Bank BRI

Risiko Jika Telat Bayar KUR Bank BRI

Bagi nasabah yang telat bayar KUR BRI tentunya terdapat risiko yang harus ditanggung. Apalagi jika pinjaman sudah menunggak sampai berbulan-bulan. Apabila sampai seperti itu, pihak bank dapat melakukan blacklist terhadap nasabah tersebut. Nasabah dengan status blacklist tersebut nantinya tidak dapat mengajukan pinjaman lagi ke semua bank di Indonesia.

Hal tersebut dapat dilakukan karena semua bank dapat melakukan akses ke BI Checking untuk mengetahui riwayat dari para calon debitur. Hebatnya, akses tersebut tidak hanya dapat mengetahui bank lokal saja tetapi juga di seluruh dunia.

Pembayaran cicilan KUR yang telat akan membuat pihak bank berpikir dua kali saat akan memberikan kredit kepada debitur tersebut. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang mempunyai pinjaman KUR di bank mana saja, sebaiknya menjadi debitur yang baik dengan selalu mengangsur rutin cicilan tersebut sebelum masa jatuh tempo. Dengan begitu, status blacklist tidak akan diberikan kepada nasabah.

Denda Cicilan Kredit Kur BRI

Denda BRI yang dipatok saat ini adalah 2% per hari dari jumlah total cicilan. Akan tetapi, denda tersebut tidak mesti digunakan di semua cabang di Indonesia. Bahkan, pihak BRI akan mengedepankan cara kekeluargaan terlebih dahulu seperti musyawarah atau negosiasi dibandingkan langsung memberikan hukuman denda.

Hal ini dilakukan karena nasabah punya masalah beragam. Mungkin saja usaha yang sedang digeluti saat ini sedang mengalami penurunan omzet atau bahkan mengalami kebangkrutan. Jika sudah seperti itu, tentu mereka tidak dapat membayar cicilan kredit bulanan. Berdasarkan hal tersebut, pihak BRI selalu berusaha memberikan solusi bagi nasabah yang menjelaskan alasan keterlambatan pembayaran mereka.

Beberapa solusi yang diberikan antara lain adalah memberikan tambahan waktu pembayaran, mengurangi jumlah cicilan pokok, ataupun dengan menambahkan tenor cicilan supaya debitur bisa membayar pinjaman yang sudah diberikan sebelumnya.

Bank BRI selalu berupaya untuk membantu para pengusaha UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satunya dengan memberikan pinjaman modal usaha.

Cek Pengajuan Pinjaman KUR BRIĀ 

Cek Pengajuan Pinjaman KUR BRI

Cara cek pengajuan pinjaman BRI untuk produk KUR atau lainnya dapat dilakukan dengan mudah. Dimana pihak debitur tidak perlu lagi datang ke kantor cabang. Hal tersebut dikarenakan sudah menyediakan pengecekan online atau digital. Untuk melakukannya sendiri ternyata tidaklah sulit dilakukan bahkan bagi seseorang yang baru pertama kalinya.

Bank BRI menjadi salah satu lembaga perbankan dimana banyak digemari oleh masyarakat buat memperoleh dana pinjaman seperti KUR.

Terlebih lagi, bank inipun menawarkan syarat mudah hingga berbagai macam layanan yang berikan kemudahan. Salah satunya adalah adanya layanan cek pengajuan pinjaman secara online dengan cara berikut ini.

  1. Login atau masuk ke link https://pinjaman.bri.co.id/pengajuan/form/tracking
  2. Jika sudah, anda akan langsung dibawa ke halaman tracking pengajuan.
  3. Isilah nomor referensi yang dimiliki.
  4. Dan klik cek maka status pengajuannya dapat segera diketahui.

Supaya kredit atau pinjaman yang diajukan dapat diterima oleh pihak bank, maka seorang debitur memang diwajibkan memenuhi persyaratannya terlebih dahulu. Selain itu, juga terdapat sejumlah alasan mengapa proses kredit yang diajukan ditolak diantaranya adalah.

Penyebab KUR BRI Tidak Disetujui

Penyebab KUR BRI Tidak Disetujui

Perlu diketahui apabila jenis-jenis pinjaman dari BRI biasanya mempunyai fungsi dan tujuan masing-masing. Nah apabila calon kreditur saja tidak mengetahui apa tujuan dalam melakukan kredit maka kemungkinan besar permohonannya akan ditolak.

Punya Tanggungan Pinjaman Lainnya

Sebelum memutuskan buat melakukan pinjaman apapun dari produk BRI, maka sangat penting buat mengetahui apakah masih punya tanggungan kredit dari lembaga keuangan lain ataukah tidak. Biasanya BRI akan melakukan BI checking dahulu sebelum benar-benar memberikan pinjaman.

Jaminan Tidak Sesuai Syarat

Jaminan atau agunan biasanya akan diberikan kepada pihak bank dahulu selama masa kredit berlangsung. Namun apabila jaminannya tidak sesuai syarat yang berlaku maka kemungkinan besar permohonan juga akan ditolak. Itulah sebabnya, pastikan menyediakan jaminan berdasarkan dengan syarat yang berlaku.

Mengecek pengajuan kredit sudah dapat dilakukan secara online dari situs resmi BRI.